Loading...

PEMBUKAAN MTQ KE-30 TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2023 DI KANTOR WALIKOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN

Jumat, 8 Desember 2023 7 Admin
Image

Jakarta - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXX Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 secara resmi dibuka. Acara Prestisius ini dihelat di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Jum'at (08/12/2023).

Sebelum masuk ke inti acara, pembukaan ini dimeriahkan dengan grup Rebbana Biang Khas Betawi, IPQAH DKI Jakarta, Gambus Miftah faridl dan Marching Band, dilanjutkan dengan Defile Kafilah dari Berbagai Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Juara Cabang Tilawah Dewasa MTQ ke-29 Tahun 2021.

Sambutan dari Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi DKI Jakarta Drs. KH. Muhammad Ali menyampaikan "Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kecintaan dan ketaqwaan untuk mempelajari, memahami dan mengamalkan nilai-nilai kandungan Al-Qur'an selaras dengan tema nya "Memasyarakatkan Al-Qur'an di Jakarta Untuk Indonesia Maju", juga untuk tujuan terpilihnya calon duta untuk mengikuti MTQ Nasional ke-30 di Provinsi Kalimantan Timur", tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, H. Afifuddien Rohaly, M.M, sebagai Sekretaris Umum LPTQ Provinsi DKI Jakarta membacakan Surat Tugas Dewan Hakim.

Setelah itu Sambutan Penjabat Gubernur DKI Jakarta dalam hal ini akan dibacakan oleh Wahyu Haryadi sebagai Plt. Kepala Biro Dikmental "MTQ ke-30 Tingkat Provinsi DKI Jakarta 2023 memiliki arti penting dalam menghadapi kompleksitas permasalahan di Ibukota, kiranya event ini dapat meningkatkan spiritualitas dengan "Memasyarakatkan Al-Qur'an di Jakarta Untuk Indonesia Maju" sesuai dengan tema MTQ Provinsi DKI Jakarta saat ini. Akhirnya dengan Bismillahirrahmanirrahiim MTQ ke-30 Tahun 2023 Tingkat Provinsi DKI Jakarta secara resmi dibuka", dalam sambutannya. 

Penutup Do'a yang dilantunkan oleh Muhammad Yunus.

Berikut ini merupakan Cabang-cabang Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-30 Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 yang meliputi Golongan Putera dan Puteri:

1. Fahmil Qur'an

2. Syarhil Qur'an

3. Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an

4. Kaligrafi Al-Qur'an

  a. Naskah

  b. Mushaf

  c. Dekorasi

  d. Kontemporer

  e. Digital

5. Tilawah Al-Qur'an

  a. Tartil

  b. Anak-anak

  c. Remaja

  d. Dewasa

  e. Tuna Netra

6. Qira'at Al-Qur'an

  a. Qira'at Sab'ah Mujawwad Dewasa

  b. Qira'at Sab'ah Murattal Dewasa

  c. Qira'at Sab'ah Murattal Remaja

7. Tahfizh dan Tilawah

  a. 1 Juz dan Tilawah

  b. 5 juz Juz dan Tilawah

  c. 10 Juz dan Tilawah

  d. 20 Juz dan Tilawah

  e. 30 Juz dan Tilawah

8. Tafsir Al-Qur'an

  a. Tafsir Bahasa Arab

  b. Tafsir Bahasa Indonesia

  c. Tafsir Bahasa Inggris